Page 132 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 132

Market Share

                                       High                             Low


                                       Stars  Build                    Question marks  Build or Harvest
                                High





                                 Low  Cash  Cows    Hold  or    Dogs  Hold or Divest

                                       Harvest


                           Market Growth

                               DOKUMEN







                                                     IAI
                     Matrik pertumbuhan pasar memiliki beberapa kesamaan dengan siklus hidup produk.

                     Sewaktu produk melewati daur hidupnya, maka produk tersebut dapat dikategorikan ke
                     dalam salah satu dari empat kategori. Kategori tersebut meliputi:

                     (a)  Question Mark  adalah produk-produk baru yang memiliki potensi untuk suskes

                           tetapi  membutuhkan  banyak  biaya  untuk  pengembangannya.  Apabila  satu  dari
                           produk-produk tersebut memperoleh pangsa pasar cukup untuk menjadi pemimpin

                           pasar dan akhirnya menjadi “star”, maka dana harus dialokasi ulang dari satu atau

                           lebih produk jenuh ke “question mark”.
                     (b)  Star  adalah  pemimpin  pasar  yang  biasanya  berada  pada  puncak  daur  hidup

                           produknya  dan  menghasilkan  kas  yang  banyak  untuk  mempertahankan  pangsa
                           pasarnya. Ketika tingkat pertumbuhan pasarnya melambat, star menjadi  produk

                           “cash cows”.
                     (c)  Cash  Cows  pada  biasanya  menghasilkan  kas  yang  jauh  lebih  banya  dari  yang

                           dibutuhkan  untuk  mempertahankan  pangsa  pasarnya.  Ketika  produk  bergerak

                           sepanjang  tahun  penurunan  dalam  daur  hidupnya  menurun,  produk  tersebut
                           dikerahkan  untuk  memperoleh  kas  untuk  diinvestasikan  pada  produk-produk


                                                           126
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137