Page 21 - MODUL CA - Pelaporan Korporat 2021
P. 21

pemakainya  sebagai  penyajian  yang  tulus  atau  jujur  (faithful  representation)  dari  yang
                              seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharap kan dapat disajikan.
                              Sebuah  penjabaran  lengkap  mencakup seluruh  informasi yang diperlukan  pengguna agar
                              dapat memahami fenomena yang digambarkan, termasuk seluruh diskripsi dan penjelasan
                              yang diperlukan. Sebagai contoh, penjabaran lengkap kelompok aset, minimal mencakup,
                              deskripsi sifat aset dalam kelompok tersebut, penjabaran numerik aset dalam kelompok
                              tersebut, dan deskripsi tentang apa yang dijabarkan dalam angka (sebagai contoh, biaya
                              awal (original cost), biaya sesuaian, atau nilai wajar).
                              Sebuah penjabaran yang netral adalah tanpa bias dalam pemilihan atau penyajian informasi
                              keuangan. Penjabaran netral tidak diarahkan, dibobotkan, ditekankan, ditekankan kembali,
                              atau dengan kata lain dimanipulasi untuk meningkatkan kemungkinan bahwa informasi
                              keuangan akan diterima lebih baik atau tidak baik oleh pengguna. Informasi yang netral
                              bukan berarti informasi tanpa tujuan atau tanpa pengaruh terhadap perilaku. Sebaliknya,
                              informasi keuangan yang relevan adalah, secara definisi, mampu menjadi pembeda dalam
                              keputusan-keputusan pengguna.

                              Bebas dari kesalahan berarti tidak ada kesalahan atau kelalaian dalam mendeskripsikan
                              fenomena, dan proses yang digunakan untuk menghasilkan informasi yang dilaporkan telah
                              dipilih dan di terapkan tanpa ada kesalahan dalam prosesnya. Dalam hal ini, bebas dari
                              kesalahan tidak berarti akurat secara sempurna dalam segala hal. Sebagai contoh, estimasi
                              harga atau nilai yang tidak dapat diobservasi tidak dapat dikatakan akurat atau tidak akurat.
                              Akan tetapi, representasi dari estimasi tersebut dapat menjadi tepat jika jumlah tersebut
                              dideskripsikan secara jelas dan akurat sebagai sebuah estimasi, sifat, dan keterbatasan dari
                              proses  pengestimasian  dijelaskan,  dan  tidak  ada  kesalahan  yang  dibuat  dalam  pemilihan
                              dan penerapan proses yang tepat dalam pembuatan estimasi.


                          Karateristik kualitatif peningkat yaitu:
                          a.    Keterbandingan
                              Keputusan pengguna meliputi pemilihan beberapa alternatif, sebagai contoh menjual atau
                              memiliki investasi, atau berinvestasi pada suatu entitas pelapor atau lainnya. Oleh karena itu,
                              informasi me ngenai entitas pelapor lebih berguna jika dapat dibandingkan dengan informasi
                              serupa tentang entitas lain dan dengan informasi serupa tentang entitas yang sama untuk
                              periode dan tanggal lainnya.

                              Keterbandingan adalah karakteristik kualitatif yang memungkinkan pengguna untuk
                              mengidentifikasi dan memahami persamaan dalam, dan perbedaan antara, pos-pos. Berbeda
                              dengan karakteristik kualitatif lainnya, keterbandingan tidak berhubungan dengan satu pos.
                              Sebuah perbandingan mensyaratkan paling tidak dua pos.
                              Konsistensi, walaupun berhubungan dengan keterbandingan, hal ini tidak sama. Konsistensi
                              merujuk  kepada  penggunaan  metode  yang  sama  terhadap  pos-pos  yang  sama, baik  dari
                              periode ke periode dalam suatu entitas pelapor atau dalam satu periode antar entitas.
                              Keterbandingan adalah  tujuan, sedangkan konsistensi membantu untuk mencapai tujuan
                              tersebut.
                              Namun, kebutuhan terhadap daya banding tidak berarti keseragaman kebijakan akuntansi.
                              Entitas tidak perlu meneruskan kebijakan akuntansi yang tidak lagi selaras dengan
                              karakteristik kualitatif relevansi dan keandalan, apabila ada alternatif lain yang lebih relevan
                              dan lebih andal.





         12      BAB 1 STANDAR PELAPORAN KEUANGAN



                                                                                                                   05/07/21   11.42
       MODUL CA - Pelaporan Korporat - Aja.indd   12
       MODUL CA - Pelaporan Korporat - Aja.indd   12                                                               05/07/21   11.42
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26