Page 21 - MODUL CA - Pelaporan Korporat 2021
P. 21
pemakainya sebagai penyajian yang tulus atau jujur (faithful representation) dari yang
seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharap kan dapat disajikan.
Sebuah penjabaran lengkap mencakup seluruh informasi yang diperlukan pengguna agar
dapat memahami fenomena yang digambarkan, termasuk seluruh diskripsi dan penjelasan
yang diperlukan. Sebagai contoh, penjabaran lengkap kelompok aset, minimal mencakup,
deskripsi sifat aset dalam kelompok tersebut, penjabaran numerik aset dalam kelompok
tersebut, dan deskripsi tentang apa yang dijabarkan dalam angka (sebagai contoh, biaya
awal (original cost), biaya sesuaian, atau nilai wajar).
Sebuah penjabaran yang netral adalah tanpa bias dalam pemilihan atau penyajian informasi
keuangan. Penjabaran netral tidak diarahkan, dibobotkan, ditekankan, ditekankan kembali,
atau dengan kata lain dimanipulasi untuk meningkatkan kemungkinan bahwa informasi
keuangan akan diterima lebih baik atau tidak baik oleh pengguna. Informasi yang netral
bukan berarti informasi tanpa tujuan atau tanpa pengaruh terhadap perilaku. Sebaliknya,
informasi keuangan yang relevan adalah, secara definisi, mampu menjadi pembeda dalam
keputusan-keputusan pengguna.
Bebas dari kesalahan berarti tidak ada kesalahan atau kelalaian dalam mendeskripsikan
fenomena, dan proses yang digunakan untuk menghasilkan informasi yang dilaporkan telah
dipilih dan di terapkan tanpa ada kesalahan dalam prosesnya. Dalam hal ini, bebas dari
kesalahan tidak berarti akurat secara sempurna dalam segala hal. Sebagai contoh, estimasi
harga atau nilai yang tidak dapat diobservasi tidak dapat dikatakan akurat atau tidak akurat.
Akan tetapi, representasi dari estimasi tersebut dapat menjadi tepat jika jumlah tersebut
dideskripsikan secara jelas dan akurat sebagai sebuah estimasi, sifat, dan keterbatasan dari
proses pengestimasian dijelaskan, dan tidak ada kesalahan yang dibuat dalam pemilihan
dan penerapan proses yang tepat dalam pembuatan estimasi.
Karateristik kualitatif peningkat yaitu:
a. Keterbandingan
Keputusan pengguna meliputi pemilihan beberapa alternatif, sebagai contoh menjual atau
memiliki investasi, atau berinvestasi pada suatu entitas pelapor atau lainnya. Oleh karena itu,
informasi me ngenai entitas pelapor lebih berguna jika dapat dibandingkan dengan informasi
serupa tentang entitas lain dan dengan informasi serupa tentang entitas yang sama untuk
periode dan tanggal lainnya.
Keterbandingan adalah karakteristik kualitatif yang memungkinkan pengguna untuk
mengidentifikasi dan memahami persamaan dalam, dan perbedaan antara, pos-pos. Berbeda
dengan karakteristik kualitatif lainnya, keterbandingan tidak berhubungan dengan satu pos.
Sebuah perbandingan mensyaratkan paling tidak dua pos.
Konsistensi, walaupun berhubungan dengan keterbandingan, hal ini tidak sama. Konsistensi
merujuk kepada penggunaan metode yang sama terhadap pos-pos yang sama, baik dari
periode ke periode dalam suatu entitas pelapor atau dalam satu periode antar entitas.
Keterbandingan adalah tujuan, sedangkan konsistensi membantu untuk mencapai tujuan
tersebut.
Namun, kebutuhan terhadap daya banding tidak berarti keseragaman kebijakan akuntansi.
Entitas tidak perlu meneruskan kebijakan akuntansi yang tidak lagi selaras dengan
karakteristik kualitatif relevansi dan keandalan, apabila ada alternatif lain yang lebih relevan
dan lebih andal.
12 BAB 1 STANDAR PELAPORAN KEUANGAN
05/07/21 11.42
MODUL CA - Pelaporan Korporat - Aja.indd 12
MODUL CA - Pelaporan Korporat - Aja.indd 12 05/07/21 11.42