Page 79 - CGAE DAERAH LEVEL 1
P. 79

dibenarkan  melaksanakan  kegiatan  yang  belum  tersedia  atau  tidak
                                mencukupi kredit anggarannya dalam APBD/Perubahan APBD;

                           3)   Semua  penerimaan  dan  pengeluaran  daerah  dalam  tahun  anggaran
                                yang  bersangkutan  harus  dimasukan  dalam  APBD  dan  dilakukan

                                melalui rekening Kas Umum Daerah.


                     B.    OVERVIEW PELAKSANAAN ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH
                  IAI WEB VERSION
                     1.    Latar Belakang
                     Proses pelaksanaan anggaran merupakan proses yang terikat dengan banyak peraturan

                     perundang-undangan  yang  juga  sudah  banyak  mengalami  perubahan,  modul  ini
                     disusun dalam rangka melakukan penyesuaian dengan perkembangan yang terjadi.

                     Proses pelaksanaan anggaran dalam praktiknya juga harus memperhitungkan Kinerja

                     yang sudah ditetapkan dalam APBD. Proses ini harus sejalan dengan indikator Kinerja
                     yang  sudah  disepakati  dalam  dokumen  APBD.  Dengan  demikian,  anggaran  yang

                     direncanakan bisa sejalan sebagaimana mestinya dan jumlah kesalahan dalam proses

                     pelaksanaan dan penatausahaan bisa diminimalisir.
                     Proses Pelaksanaan Anggaran tidak lepas dari Rancangan Kebijakan Umum Anggaran

                     yang memuat:
                     a.    Kondisi ekonomi makro daerah;

                     b.    Asumsi penyusunan APBD;
                     c.    Kebijakan Pendapatan Daerah;

                     d.    Kebijakan Belanja Daerah;

                     e.    Kebijakan Pembiayaan Daerah; dan
                     f.    Strategi pencapaian.

                     Proses pelaksanaan anggaran ini harus meningkatkan koordinasi antar berbagai pihak
                     dalam penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. Dokumen pelaksanaan anggaran

                     harus mengalir sehingga bisa mendukung pencatatan berbasis akrual.
                     Basis  akrual  ini  merupakan  basis  yang  baru  untuk  Pemerintah  Daerah  sehingga

                     dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak dalam Pemerintahan Daerah diperlukan

                     untuk menciptakan kesuksesan penerapan basis akuntasi akrual.









                                                             75
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84