Anggota Task Force CCR IAI

ANGGOTA TASK FORCE CCR IAI

Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia telah membentuk Task Force – Comprehensive Corporate Reporting (Task Force - CCR) pada 15 Desember 2020 atas respon terhadap isu climate change dan sustainability yang diinisiasi oleh International Financial Reporting Standards (IFRS) Foundation.

Anggota Task Force CCR IAI terdiri dari:

Rosita Uli Sinaga

Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia
Komite Pengarah merangkap Ketua
Image Title
Rosita Uli Sinaga adalah Anggota DPN IAI sejak tahun 2014. Beliau dipercaya untuk mengetuai bidang pengembangan SAK dan Komite Pengarah merangkap Ketua Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Sebelumnya Rosita adalah Ketua DSAK IAI sejak tahun 2009-2015. Di bawah kepemimpinannya, DSAK IAI berkali-kali mencatatkan momentum bersejarah dengan adanya konvergensi IFRS ke dalam SAK. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Penguji USAP (Ujian Sertifikasi Akuntan Publik) IAI, mewakili IAI sebagai anggota Komite Profesi Akuntan Publik (2013-2019), dan menjadi Technical Advisor International Federation of Accountants (IFAC) Board Member (2016-2017). Ia merupakan Ketua Dewan Pengarah Komite Kebijakan Akuntansi Keuangan Bank Indonesia (2010-2018). Merupakan Financial Services Industry Leader Indonesia-Deloitte SEA (KAP Imelda & Rekan) dengan pengalaman lebih dari 26 tahun di ranah konsultasi & KAP. Beliau merupakan lulusan S1 Akuntansi Universitas Indonesia tahun 1992, dan menamatkan S2 dari Universitas Bina Nusantara tahun 2007. Selain mengajar di Universitas Indonesia, ia juga menulis buku “Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS” yang diterbitkan IAI.

Prof. Lindawati Gani

Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia
Komite Pengarah merangkap Anggota
Image Title
Prof. Lindawati Gani adalah anggota DPN IAI Periode 2014-2018 yang mengetuai bidang Penataan Profesionalisme Akuntan dan menjadi Komite Pengarah merangkap Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Sebelumnya ia merupakan anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional (DSAP) IAI (2013 – 2015). Hingga saat ini mewakili IAI sebagai Technical Advisor of International Accounting Education Standards Board (IAESB) International Federation of Accountants (IFAC) (2015–sekarang), Council Member of ASEAN Federation of Accountants (AFA) (2014–sekarang), Anggota Komite Profesi Akuntan Publik (2016–sekarang), dan anggota Accountancy Monitoring Committee Indonesia (2016-sekarang). Merupakan Guru Besar Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Anggota Majelis Kehormatan dan Kode Etik (MKKE) BPK RI (2021-2024). Sebelum mengabdi sebagai dosen pada tahun 1987, Prof. Lindawati sempat bekerja sebagai auditor dan konsultan manajemen. Beliau kemudian dipercaya sebagai Sekretaris Program Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) tahun 2003-2008 dan Ketua Program Magister Akuntansi dan Pendidikan Profesi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI (2008-2013), serta anggota Senat Akademik UI (2014 -sekarang) dan anggota Dewan Guru Besar UI (2015-sekarang). Selain itu, saat ini beliau menjabat sebagai Komisaris Independen dan Komite Audit di perusahaan publik antara lain PT Astra International, Tbk., PT Adaro Energy, Tbk., dan PT Sido Muncul, Tbk. Ia meraih gelar Sarjana dari Universitas Airlangga tahun 1985, gelar MBA di bidang Strategic Management dan General Management dari Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) afiliasi dengan Harvard Business School tahun 1986, gelar Master di bidang Ilmu Manajemen dari Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Indonesia (UI) tahun 1994, dan gelar Doktor juga dari FE UI tahun 2002.

Isnaeni Achdiat

Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia
Komite Pengarah merangkap Anggota
Image Title
Isnaeni Achdiat adalah Anggota Dewan Pengurus Nasional IAI periode 2018-2022 dan menjadi Komite Pengarah merangkap Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Sebelumnya beliau merupakan Anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional (DSAP) IAI. Beliau adalah Partner di Ernst & Young Indonesia. Pernah menjabat sebagai President dari ISACA Indonesia Chapter, sebuah asosiasi global yang berbasis di Amerika. Isnaeni aktif mengajar di Fakutas Bisnis dan Ekonomi Universitas Indonesia dan merupakan expert di bidang IT, ia juga dikenal sebagai Founder dari social start-up Media Akutahu. Isnaeni meraih gelar S1 Akuntansi pada tahun 1991 dan gelar Master of Accountancy in Strategy and Finance pada tahun 2010 dari Universitas Indonesia. Saat ini Isnaeni merupakan kandidat Doktor dari Universitas Padjadjaran dengan tema riset terkait Sistem Informasi. Profil Isnaeni lebih lekat dikenal sebagai “Techno-Accountant” dan aktif memberikan konsultasi dibidang strategi dan penerapan Digital/IT Transformation, Data Analytic dan Cyber Securify. Sebagai pengajar, Isnaeni juga sangat aktif memberikan sharing session dalam berbagai seminar dan conference, diberbagai universitas seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Islam Indonesia, Universitas Parahyangan, Universitas Kristen Satya Wacana, maupun menjadi pembicara di luar negeri, Asean Conference of The Institute of Internal Auditor. Dalam kerjasama IAI dengan ACCA, dan ICAEW, Isnaeni sering diminta untuk mengisi tema Peran Akuntan Profesional di Era Digital, serta beberapa kali mengisi sessi “Inspiring Accountants”. Selain menjalankan aktivitasnya sebagai akuntan profesional dan akademisi, Isnaeni juga merupakan seorang musisi berbakat yang telah menciptakan banyak karya musik. Di antaranya adalah lagu Akuntan Mengabdi dan Mars IAI. Beliau juga menulis lagu Take To The Sky untuk Olimpiade Tokyo 2020, serta beberapa lagu populer lainnya.

Istini T. Siddharta

Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia
Anggota
Image Title
Istini T. Siddharta dipercaya sebagai Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan IAI periode 2019-2023, dimana sebelumnya juga menjabat pada posisi yang sama periode 2014-2018. Beliau saat ini juga aktif sebagai Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Memulai karirnya sebagai akuntan publik, dan kemudian membuat Partner di Siddharta & Harsono di Indonesia, sebuah perusahaan anggota dari Coopers & Lybrand (sampai 1998), yang kemudian menjadi anggota firma KPMG. Istini bergabung dengan PT. Austindo Nusantara Jaya sebagai Direktur Keuangan Grup pada tahun 2001, serta pernah memegang posisi sebagai Presiden Direktur di perusahaan tersebut, dan saat ini menduduki jabatan sebagai Komisaris. Istini berhasil memegang gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Indonesia dan gelar MBA dari John Anderson School di University of California, Los Angeles.

Indra Wijaya

Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia
Anggota
Image Title
Indra Wijaya saat ini merupakan Ketua Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI periode 2021-2022 dan Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Beliau telah aktif sebagai Anggota DSAK IAI sejak tahun 2014, dan menjadi Wakil Ketua DSAK IAI tahun 2020-2021. Saat ini beliau merupakan Audit Partner di KAP Siddharta Wijaya dan Rekan, KPMG Indonesia. Beliau memiliki pengalaman lebih dari 15 Tahun dalam jasa audit dan asurans. Beliau menyelesaikan S1 dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Elvia R. Shauki

Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia
Anggota
Image Title
Elvia R. Shauki diangkat sebagai Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI untuk periode 2018-2022 dan 2022-2026, serta merupakan Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Elvia adalah dosen akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Saat ini, Elvia juga menjabat sebagai dosen di University South of Australia, dan merupakan dosen tamu di program pasca sarjana akuntansi di Universitas Airlangga. Selain itu, Elvia juga aktif melakukan penelitian. Sebelumnya Elvia menjabat sebagai program and policy division head di Bank Duta (April 1985 - Agustus 1988), chief representative di Fortis Bank (Maret 1993-September 2001), dosen akuntansi di La Trobe University (Januari 2001-Februari 2005), serta beberapa pengalaman kerja lain. Elvia memperoleh gelar Ph.D dari La Trobe University, Melbourne Australia pada tahun 2007 dan MBA Degree dari Catholic University, Leuven, Belgium pada tahun 1991. Elvia mendapatkan gelar sarjana akuntansi dari Universitas Indonesia pada tahun 1984.

Arie Pratama

Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia
Anggota
Image Title
Arie Pratama, adalah anggota Tim Implementasi SAK IAI periode 2015-2019 dan 2019-2023, serta merupakan Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Beliau saat ini aktif sebagai dosen di Universitas Padjajaran baik untuk program S2, S1 maupun D3 PAAP. Selain di Universitas Padjajaran beliau merupakan Dosen di President University dan Universitas Kristen Maranatha. Sebelumnya beliau aktif sebagai asistensi kegiatan penelitian, pelatihan, dan pengkajian akuntansi pemerintah yang bekerjasama dengan DJKD-Kementerian Dalam Negeri (2007-2011), Staf pada Lembaga Penelitian, Pengkajian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Akuntansi Universitas Padjajaran (2010-2015), Staf Wakil Dekan I bidang Pembelajaran, Kerjasama, dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran (2011-2015). Menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Padjajaran tahun 2009, menyelesaikan program Magister Akuntansi di Universitas Padjajaran tahun 2012.

Surya Dominic

Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia
Anggota
Image Title
Surya Mardi Dominic adalah anggota Tim Implementasi SAK IAI periode 2020-2024, dan merupakan Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Saat ini beliau menjabat sebagai Senior Manager Group Accounting Controller PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom). Sebelumnya Surya bekarja sebagai Financial & Accounting Controller di Telekomunikasi Indonesia International Australia (Telkom Australia) (2016-2017). Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Trisakti tahun 2003, memperoleh Master of Management di PPM School of Management tahun 2005 dan menyelesaiakan Program Doctor di Deakin University, Melbourne-Australia tahun 2017.

Nawal Nely

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia
Anggota
Image Title
Nawal Nely merupakan perwakilan Kementerian BUMN sebagai Anggota Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan (DKSAK) IAI dan Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Beliau saat ini menjabat selaku Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko, Kementerian BUMN sejak tahun 2020, serta sebagai Komisaris PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sebelumnya berkarir di Ernst & Young (EY) selama 18 tahun dengan posisi terakhir sebagai Partner di EY Indonesia pada tahun 2010-2020. Beliau pernah menjabat berbagai posisi strategis di EY Kuwait, Qatar dan Mesir pada tahun 2002 sampai 2010. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Manager National Bank of Kuwait (2005-2006). Meraih gelar sarjana jurusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada pada tahun 1996. Kemudian menyelesaikan S2 pada tahun 2019 dan meraih gelar Global Executive MBA, Business Administration and Management, INSEAD, Fontainebleu/Perancis.

Galuh Nuradinda

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia
Anggota
Image Title
Galuh Nuradinda adalah Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI perwakilan Kementerian BUMN. Beliau adalah Penata Kelola Perusahaan Negara Muda pada Kementerian BUMN sejak tahun 2021. Sebelumnya berkarir di berbagai perusahaan BUMN sejak tahun 2009 dengan bergabung di PT Angkasa Pura II, PT Reasuransi Indonesia Utama, PT Bukit Asam dan PT Indonesia Asahan Alumunium. Meraih gelar sarjana jurusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada pada tahun 2009, dan lulus S2 jurusan Akuntansi dari Universitas Indonesia pada tahun 2012.

Johanes B.P. Simandjuntak

Bank Indonesia
Anggota
Image Title
Johanes B.P Simandjuntak yang biasa dipanggil Pak Bona merupakan perwakilan Bank Indonesia sebagai Anggota Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan (DKSAK) IAI dan Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur/Kepala Grup Manajemen Keuangan Strategis, Bank Indonesia sejak tahun 2017. Berkarir di Bank Indonesia selama 26 tahun sejak tahun 1994. Terlibat aktif dalam Komite Penyusun Kebijakan Akuntansi Keuangan Bank Indonesia (KAKBI) sejak tahun 2018 sebagai Dewan Pengarah, Narasumber dan Koordinator Tim Teknis. Beliau juga pernah berkarir di KAP Hans Tuanakotta & Mustofa pada tahun 1990-1994. Meraih gelar sarjana dari Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia pada tahun 1990, dan lulus S2 dari School of Business and Public Management, The George Washington University, USA pada tahun 1999.

TBA

Otoritas Jasa Keuangan
Anggota
Image Title

Andi Darmawan

Pusat Pembinaan Profesi Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia
Anggota
Image Title
Andi Darmawan adalah Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI perwakilan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Kementerian Keuangan RI. Beliau merupakan Pegawai PPPK Kementerian Keuangan sejak tahun 2015 yang juga aktif sebagai Anggota Sekretariat Komite Profesi Akuntan Publik (KPAP). Beliau memperoleh gelar Magister Akuntansi dari Universitas Trisakti di tahun 2015.

Natal Naibaho

PT Bursa Efek Indonesia
Anggota
Image Title
Natal Naibaho adalah Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI). Berkarir di BEI sejak 2006, dengan jabatan saat ini sebagai Senior Assistant Vice President bagian Kepala Unit Pengawasan dan Evaluasi sejak 2012. Aktif sebagai dosen di Binus University tahun 2013-2014, dan saat ini menjadi pengajar di TICMI sejak tahun 2018. Meraih gelar sarjana dari almamater yang sama tahun 2005. Lulus Master of Finance dari Universitas Indonesia tahun 2010.

Ajib Hamdani

Kamar Dagang dan Industri Indonesia
Anggota
Image Title
Ajib Hamdani adalah Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), yang tergabung dalam Badan Kebijakan Moneter dan Jasa Keuangan KADIN. Ajib Hamdani merupakan Direktur Utama Profetika Investama Madani, Komisaris Utama PT Gelar Giri Djati dan PT Sriwijaya Digital Indonesia, juga Komisaris PT. Daya Gagas Indonesia, yang sebelumnya pernah berkarir di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan tahun 2022-2009. Beliau juga aktif sebagai di Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) di bidang Kajian Akuntansi dan Perpajakan, juga aktif menjadi dewan redaksi Majalah Pajak, serta pengamat ekonomi IndiGo Network. Mengenyam pendidikan di STAN pada tahun 1999-2022 dan menyelesaikan S1 jurusan Penilai Property di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro pada tahun 2007.

Samsul Hidayat

Kamar Dagang dan Industri Indonesia
Anggota
Image Title
Samsul Hidayat adalah Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), yang tergabung dalam Badan Kebijakan Moneter dan Jasa Keuangan KADIN. Saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif dari Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) sejak tahun 2018, dan menduduki posisi sebagai Komisaris pada beberapa perusahaan terbuka sejak tahun tahun 2018. Sebelumnya, Samsul Hidayat bekerja di PT Bursa Efek Indonesia sebagai Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa (2012-2015), Direktur Penilaian Perusahaan (2015-2018). Memulai karir di Industri Pasar Modal pada Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) sejak tahun 1992 selama berkarir di Bapepam telah menjalani tugas berbagai bidang tugas, terakhir menjabat sebagai Kepala Bagian Pengawasan Anggota Bursa pada tahun 2012. Meraih gelar Sarjana Ekonomi jurusan Manajemen dari Universitas Negeri Jambi pada tahun 1991. Menyelesaikan S2 Master of Business Administration dari Cleveland State University Ohio, USA tahun 1999.

Djohan Pinnarwan

Institut Akuntan Publik Indonesia
Anggota
Image Title
Djohan Pinnarwan adalah Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI perwakilan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), yang menduduki jabatan sebagai Ketua Dewan Pengurus IAPI periode 2021-2025. Sebelumnya beliau merupakan salah satu pengurus IAI sebagai Ketua Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI untuk periode 2015-2021, dimana telah aktif sebagai Anggota DSAK IAI sejak tahun 2012-2013, dan menjadi Wakil Ketua DSAK IAI pada 2014. Beliau adalah partner di KAP Tanudireja, Wibisana, Rintis dan Rekan, PwC Indonesia dengan tanggung jawab sebagai Global Accounting Consulting Services Partner dan Leader of Indonesia Accounting Consulting Services. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang audit dan konsultasi pelaporan keuangan, Djohan Pinnarwan saat ini juga aktif dalam memberikan jasa accounting advisory. Djohan Pinnarwan pernah ditugaskan di PwC London sebagai konsultan IFRS di Global Accounting Consulting Services Group.

Kusumaningsih Angkawijaya

Institut Akuntan Publik Indonesia
Anggota
Image Title
Kusumaningsih Angkawijaya adalah Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI perwakilan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), yang menduduki jabatan sebagai Ketua Dewan Pengurus IAPI periode 2021-2025. Aktif sebagai Dewan Standar Profesional Akuntan Publik IAPI sejak 2008, dan pernah menjabat sebagai Dewan Pengawas Kebijakan Akuntansi Keuangan Bank Indonesia (KAKBI). Meraih gelar sarjana Akuntansi dari University of Southern California, USA dan S2 Master of Business Adminitration dari Southern Illinois University Carbondale, USA, serta mengambil Pendidikan Profesi Akuntan dari Universitas Indonesia.

Hilda Octavana Siregar

Institut Akuntan Manajemen Indonesia
Anggota
Image Title
Hilda Octavana Siregar adalah Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI perwakilan Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI), yang menduduki jabatan sebagai Anggota Dewan Pengurus Bidang Sertifikasi IAMI. Merupakan dosen Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada dengan pengalaman mengajar, riset, trainer dan konsultan Management Risiko, Perpajakan, Akuntansi dan Desain Pendidikan. Menjadi trainer atas penguasaan berbagai software Akuntansi, juga merupakan pemegang sertifkat kompetensi dari asosiasi nasional serta internasional. Aktif sebagai asesor kompetensi BNSP LSP Teknisi Akuntansi. Pemegang sertifikasi CA, CPMA, dan bersertifikat Konsultan Pajak dan Manajemen Risiko. Meraih gelar sarjana ekonomi dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2006, dan lulus S2 Magister Akuntansi FEB UGM tahun 2015. Memulai program Doktor Ilmu Akuntansi dari almamater yang sama di tahun 2021.

Aria Nagasastra

CFO Club Indonesia
Anggota
Image Title
Aria Nagasastra adalah Anggota Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI perwakilan CFO Club Indonesia yang menduduki jabatan sebagai Executive Board Member CFO Club Indonesia. Saat ini beliau adalah CEO and Chair of Executive Board dari PADMI Foundation, Direktur Eksekutif Koaksi, juga aktif sebagai Independent Consultant dalam Manajemen dan Keuangan. Menjadi dosen di Binus International Business School, Universitas Binus sejak tahun 2014 sampai sekarang. Sebelumnya beliau pernah berkarir sebagai Chief Financial Officer (CFO) dan Direktur di Divisi Energy & Resources PT. MNC Investama, serta menduduki jabatan CFO dan posisi strategis dalam bidang keuangan lainnya di berbagai perusahaan. Lulus dari D4 STAN pada tahun 1995. Meraih gelar Magister Manajemen (MM) dari Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) dan Master of Business Administration (MBA) dalam International Business dari Monash University, Australia dengan pada tahun 1999. Beliau juga meraih gelar Master of Philosophy (M.Phil.) in Business Administration dari Maastricht School of Management, The Netherlands pada tahun 2009.


Tugas dan tanggung jawab Task Force Comprehensive Corpporate Reporting IAI;

  1. melakukan riset, menganalisa dan mengusulkan tanggapan/rekomendasi kepada DPN IAI atas Proposal IFAC : Enhancing Corporate Reporting The Way Forward dan IFRS Foundation Paper on Sustainability Reporting yang dikeluarkan 30 September 2020 sebagai dasar pembetunkan International Standar Board (SSB);
  2. mempersiapkan rencana dan implementasi SUtainability Reporting/Comprehensive Corporate Reporting di Indonesia;
  3. berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosialisasi dengan pemangku kepentingan dan publik dalam rangka membangun kesadaran publik; dan
  4. melaksanakan kegiatan lainnya dalam rangka mempersiapkan rencana dan implementasi Sustainability Reporting/Comprehensive Corporate Reporting di Indonesia atas persetujuan DPN IAI;