Dewan Pengurus Nasional 2018-2022


Prof. Mardiasmo, MBA., Ph.D., CFrA., QIA., Ak., CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA., CPA (Aust.)., CSFA

Ketua
Prof. Mardiasmo adalah Ketua Komite Pengawas Perpajakan, Kementerian Keuangan RI periode 2019-2022 dan Majelis Kehormatan Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sejak tahun 2020. Pada Kabinet Kerja Pemerintahan Indonesia periode 2014-2019, Beliau dipercaya untuk menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan dan sekaligus aktif sebagai Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ex-officio dari Kementerian Keuangan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tahun 2010–2014, dan menjadi Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI pada 2006-2010. Saat ini beliau juga aktif sebagai Komisaris pada PT. Taspen (Persero), Dewan Pengawas RS. Fatmawati dan Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Lahir di Solo, 10 Mei 1958. Ia merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada dan dikenal tetap aktif menulis buku di bidang Perpajakan, serta baru saja menulis buku Akuntansi Sektor Publik. Mardiasmo meraih gelar Akuntan setelah menamatkan Pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada tahun 1981. Ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di University of Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat pada 1989 dan meraih gelar Master of Business Administration (MBA). Pada tahun 1999 ia menamatkan Pendidikan S3 School of Public Policy di University of Birmingham, Inggris.

Dibawah kepemimpinannya sebagai Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI periode 2010-2014, IAI meluncurkan Chartered Accountants Indonesia sebagai kualifikasi Akuntan profesional yang mengacu kepada standar internasional. Pada periode masa jabatan 2014-2018, ia mencanangkan program IAI for Society dan melaksanakan banyak program untuk mewujudkan kejayaan Akuntan profesional demi kejayaan negeri.

Prof. Ainun Na’im, Ph.D., MBA., Ak., CA., ASEAN CPA

Anggota
Prof. Ainun Na’im adalah pengajar dan Guru Besar FEB Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebelumnya beliau menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sampai dengan tahun 2021 dan Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI periode 2014-2019. Selain itu juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bank BPD DIY, Wakil Rektor Senior Bidang Administrasi, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia Universitas Gadjah Mada (UGM), Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, dan Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero).

Lahir pada 3 Desember 1960. Sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan Penasihat IAI periode 2010-2014 dan sebagai Ketua IAI Kompartemen Akuntan Pendidik periode 2006-2008. Pada masa jabatan 2014-2018 merupakan anggota DPN IAI yang mengetuai bidang pengembangan pendidikan akuntansi.

Menyelesaikan Pendidikan sarjana akuntansi di UGM tahun 1984, menyelesaikan program MBA di Western Michigan University, AS pada tahun 1991, dan menyelesaikan program Doktor di Temple University, AS tahun 1996.

Dr. Bahtiar Arif, SE., M.Fin., Ak., CA., CPA., CFSA., ASEAN CPA

Anggota

Sejak Maret 2018, Bahtiar Arif merupakan Sekretaris Jenderal BPK RI. Berkarir lebih dari dua puluh tahun di BPK RI, beliau sebelumnya pernah menjabat sebagai Auditor Utama Keuangan Negara II dan Kepala Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan PKN.

Lahir di Cepu pada tanggal 5 Mei 1970, Bahtiar Arif menamatkan S1 Akuntansi dari Universitas Indonesia pada tahun 1996 dan meraih S2 Development Finance dari Universitas Manchaster pada tahun 2000. Meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen dari Universitas Padjadjaran pada Januari 2022.


Prof. Dr. Bambang Pamungkas, Ak., CA., MBA., CIMBA., CPA (Aust.)., CFSA., ASEAN CPA

Anggota

Prof. Bambang Pamungkas adalah Auditor Utama Keuangan Negara III BPK RI dan Guru Besar Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kesatuan Bogor. Telah berkarir selama 36 tahun di Pemerintahan, dimulai dari Kemenkeu, BPKP, Kemendagri dan BPK RI. Tugas jabatan fungsional dan struktural telah pernah dijalaninya sebagai pemeriksa dan pejabat eselon 4, 3, 2, dan 1. Sebelum pada jabatannya saat ini, Bambang menjabat sebagai Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, staf ahli bidang keuangan daerah, dan Kaditama Revbang Diklat BPKP.

Prof. Bambang merupakan lulusan STAN pada tahun 1989, lalu meraih gelar Pasca Sarjana dari University of Hull (MBA Accounting), United Kingdom pada tahun 1992 dan meraih gelar doktor di bidang akuntansi dari Universitas Padjajaran pada tahun 2005. Beliau dikukuhkan sebagai Guru Besar STIE Kesatuan Bogor pada tahun 2019 yang merupakan guru besar akuntansi ke-101 di Indonesia.


Dadang Kurnia, Ak., CA., CGAP., QIA., CFrA., ASEAN CPA

Anggota

Dadang merupakan Anggota DPN IAI periode 2018-2022. Sebelumnya Beliau menjabat sebagai Ketua IAI KASP periode 2014-2016, dan kembali terpilih untuk periode 2016-2018. Saat ini ia menjabat sebagai Assesor Utama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP), dimana sebelumnya adalah Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah periode tahun 2019-2021 dan 2014-2017.

Beliau juga pernah menduduki berbagai jabatan lainnya di BPKP yaitu, Sekretaris Utama BPKP periode 2017-2019, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP, Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi BPKP dan Kepala Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau.Sejak April 2018, Dadang terpilih menjadi Komisaris PT Krakatau Steel Tbk. Sebelumnya ia menjadi Komisaris PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) mulai September 2016.

Lahir di Garut pada 30 September 1961, ia memperoleh gelar Akuntan setelah lulus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun 1990, kemudian memperoleh gelar Master of Business Administration (MBA) pada tahun 1993 dari University of Rochester, New York Amerika Serikat.


David E. S. Sidjabat, SE., MBA., CA., ASEAN CPA

Anggota

David Sidjabat adalah Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko PT. Phapros Tbk. Sebelumnya beliau menjabat sebagai CFO Otego Media dan CEO JAKTv 2017-2020. Memiliki pengalaman kurang lebih dua puluh tiga tahun di bidang Akuntansi dan Bisnis, yang meliputi berbagai penugasan sebagai CEO, COO dan CFO perusahaan publik. Pernah bekerja di industri tambang, media dan FMCG, David juga pernah berkarir sebagai auditor pada KAP di Indonesia dan USA.

Beberapa perusahaan dimana David pernah bekerja antara lain: PricewaterhouseCoopers, Johnson & Johnson, ANTV, Media Nusantara Citra Grup, Capital Managers Asia dan beberapa Grup terkemuka lain. Selain pengalaman profesional David pernah juga menjadi dosen paruh waktu pada salah satu Universitas terkemuka di Indonesia.

David merupakan seorang Chartered Accountant Indonesia. Lulus S1 Akuntansi pada tahun 1997 dari Universitas Indonesia dan meraih gelar MBA in Finance and Marketing pada tahun 2002 dari Georgia State University, Atlanta, USA.


Dr. Dwi Setiawan Susanto, SE., M.Si., Ak., CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA

Anggota
Dwi Setiawan saat ini merupakan Anggota Dewan Pengurus Nasional IAI periode 2018-2022, dan juga sebagai Kepala Akademik dan Teknologi Pembelajaran Badan Pendidikan dan Pelatihan BPK RI. Sebelumnya Beliau adalah Kepala Direktorat Penelitian dan Pengembangan BPK RI (2019-2020), Plh. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara BPK RI (2017-2018), Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPK (2014-2017), dan Kepala Bagian Evaluasi Pusdiklat BPK (2010–2014).

Pada periode 2014-2018, ia adalah Anggota DPN IAI yang ditugasi sebagai ketua bidang peningkatan image dan reputasi IAI dan mewakili IAI sebagai AFA Council Member. Sebelumnya, dirinya juga menjabat posisi Anggota DPN IAI periode 2010-2014, Anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional (DSAP) dan Sertifikasi Ahli Akuntansi Pemerintah IAI. Aktif dalam Kompartemen Akuntan Sektor Publik (KASP) IAI sebagai Sekretaris pada tahun 2002-2004, sebagai Wakil Ketua tahun 2005-2010 serta Ketua tahun 2010.

Kelahiran Jakarta, 26 November 1969, Dwi adalah lulusan S-1 Akuntansi dari Universitas Diponegoro tahun 1994. Pendidikan S-2 diselesaikan di UI tahun 2002, dan menyelesaikan pendidikan S-3 di Universitas Brawijaya.

Isnaeni Achdiat, SE., M.Ak., CA., CISA., CISM., CGEIT., ASEAN CPA

Anggota
Saat ini Isnaeni adalah Partner di EY Indonesia. Beliau juga merupakan President dari ISACA Indonesia Chapter, sebuah asosiasi global yang berbasis di Amerika. Isnaeni aktif mengajar di Fakutas Bisnis dan Ekonomi Universitas Indonesia dan merupakan expert dibidang IT, ia juga dikenal sebagai Founder dari social start-up MediaAkutahu. Pada kepengurusan IAI saat ini, Isnaeni merupakan anggota dari Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional (DSAP IAI).

Lahir pada 9 Februari 1969, Isnaeni meraih gelar S1 Akuntansi pada tahun 1991 dan gelar Master of Accountancy in Strategy and Finance pada tahun 2010 dari Universitas Indonesia. Saat ini Isnaeni merupakan kandidat Ph.D dengan tema riset terkait Sistem Informasi. Profil Isnaeni lebih lekat dikenal sebagai “Techno-Accountant” dan aktif memberikan konsultasi dibidang strategi dan penerapan Digital/IT Transformation, Data Analytic dan Cyber Securify.

Sebagai pengajar, Isnaeni juga sangat aktif memberikan sharing session dalam berbagai seminar dan conference, diberbagai universitas seperti Universitas Padjajaran, Universitas Islam Indonesia, Universitas Parahyangan, Universitas Kristen Satya Wacana, maupun menjadi pembicara di luar negeri, Asean Conference of The Institute of Internal Auditor. Dalam kerjasama IAI dengan ACCA, dan ICAEW, Isnaeni sering diminta untuk mengisi tema Peran Akuntan Profesional di Era Digital, serta beberapa kali mengisi session “Inspiring Accountants”.

Selain menjalankan aktivitasnya sebagai akuntan profesional dan akademisi, Isnaeni juga merupakan seorang musisi berbakat yang telah menciptakan banyak karya musik. Di antaranya adalah lagu Akuntan Mengabdi dan Mars IAI. Beliau juga menulis lagu Take To The Sky untuk Olimpiade Tokyo 2020, serta beberapa lagu populer lainnya.

Ito Warsito, Ak., CSA., MBA., CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA

Anggota
Saat ini merupakan anggota Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan sejak 2018, Komisaris PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia Investama, serta Komisaris Independen PT Sarimelati Kencana Tbk dan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk.

Sebelumnya pernah menjabat berbagai jabatan strategis antara lain Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (2009-2015); Chief Financial Officer PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (2006-2009); Chief Executive Officer dan Komisaris Utama PT Bahana Securities (2006-2009); dan Direktur Utama PT Bahana Securities, (2003-2006).

Sebagai anggota DPN IAI periode 2014-2018, ia menjadi ketua bidang pendanaan. Sebelumnya di IAI merupakan anggota DPN IAI Periode 2010-2014, Anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional (DSAP) IAI, Anggota Komite Evaluasi dan Rekomendasi Pendidikan Profesi Akuntan (KERPPA), dan Anggota Dewan Penguji Ujian Sertifikasi Akuntan Profesional (DS-USAP) IAI.

Ito lahir di Wonosobo, 20 November 1961. Ia memperoleh gelar Akuntan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun 1989 dan Master of Business Administration dari Harvard Business School tahun 1994.

Prof. Dr. Lindawati Gani, SE., MBA., MM., Ak., CA., FCMA., CGMA., FCMA (Aust.)., ASEAN CPA

Anggota
Prof. Lindawati Gani adalah Guru Besar Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Anggota Majelis Kehormatan dan Kode Etik (MKKE) BPK RI (2021-2024).

Kelahiran Surabaya, 4 Mei 1962. Ia meraih gelar Sarjana dari Universitas Airlangga tahun 1985, gelar MBA di bidang Strategic Management dan General Management dari Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) afiliasi dengan Harvard Business School tahun 1986, gelar Master di bidang Ilmu Manajemen dari FEUI tahun 1994 dan gelar Doktor juga dari FEUI tahun 2002.

Sebelum mengabdi sebagai dosen pada tahun 1987, Prof. Lindawati sempat bekerja sebagai auditor dan konsultan manajemen. Beliau kemudian dipercaya sebagai Sekretaris Program Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) tahun 2003-2008 dan Ketua Program Magister Akuntansi dan Pendidikan Profesi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI (2008-2013), serta anggota Senat Akademik UI (2014 -sekarang) dan anggota Dewan Guru Besar UI (2015-sekarang).

Selain itu, saat ini beliau menjabat sebagai Komisaris Independen dan Komite Audit di perusahaan publik antara lain PT Astra International, Tbk., PT Adaro Energy, Tbk., dan PT Sido Muncul, Tbk.

Merupakan anggota DPN IAI Periode 2014-2018 yang mengetuai bidang Penataan Profesionalisme Akuntan. Sebelumnya ia merupakan anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional (DSAP) IAI (2013 – 2015). Hingga saat ini mewakili IAI sebagai Technical Advisor of International Accounting Education Standards Board (IAESB) International Federation of Accountants (IFAC) (2015–sekarang), Council Member of ASEAN Federation of Accountants (AFA) (2014–sekarang), Anggota Komite Profesi Akuntan Publik (2016–sekarang), dan anggota Accountancy Monitoring Committee Indonesia (2016-sekarang)

Dr. Maliki Heru Santosa, MBA., CRMA., Ak., CA., FCMA., CGMA., QIA., CFrA., CIPSAS., ASEAN CPA

Anggota
Maliki adalah Auditor Utama di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Sebelumnya ia menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (2010-2015). Mengawali karirnya di BPKP hingga menduduki beberapa jabatan yaitu Kepala Perwakilan BPKP DKI Jakarta I (2009-2010),Direktur Pengawasan Fiskal dan Investasi (2005-2007), Direktur Pengawasan BUMN (2007-2009), Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan (2005-2007).Maliki juga merupakan anggota Komite Audit Lembaga Penjamin Simpanan sejak 2016 dan aktif mengajar di beberapa perguruan tinggi.

Pada periode 2014-2018 ia menjadi anggota DPN IAI yang mengetuai bidang penguatan dan penataan organ-organ kelembagaan IAI. Sebelumnya di IAI, ia menjabat anggota DPN periode 2010-2014, anggota Komite Etika IAI dan anggota dewan penguji US AAP, dan anggota DSAK IAI. Ia juga mewakili IAI sebagai Anggota Komite Profesi Akuntan Publik tahun 2013-2016.

Kelahiran Jakarta, 14 Mei 1958 ini merupakan lulusan STAN tahun 1988 dan menyelesaikan S-2 dari Saint Mary’s University, Canada, tahun 1992. Maliki memperoleh gelar Doktor dari Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB IPB).

Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, SE., M.Si., Ak., CA., ASEAN CPA

Anggota
Prof. Nunuy Nur Afiah merupakan anggota DPN IAI ex-officio Ketua IAI KAPd pada periode 2014-2018. Ia mengakhiri masa jabatannya sebagai Ketua IAI KAPd pada tanggal 6 September 2018. Nunuy saat ini menjabat sebagai Dekan sekaligus Guru Besar FEB Universitas Padjadjaran.

Sebelum menjadi Ketua IAI KAPd, Nunuy aktif di IAI KASP sesuai dengan fokus keilmuannya di akuntansi sektor publik. Ia menulis beberapa buku di bidang akuntansi pemerintahan.

Lahir di Bekasi pada 15 Juli 1961, Nunuy menyelesaikan pendidikannya di Universitas Padjajaran, mulai dari S1 Akuntansi pada 1985, Pascasarjana jurusan akuntansi pada 1995, dan program doktoral di bidang akuntansi pada -tahun 2004.

Nunuy pernah berkarir sebagai auditor di Kantor Akuntan Publik Koesbandijah pada tahun 1985-1988. Ia pernah menjadi Head of Preparation Team dalam proses desain dan implementasi sistem akuntansi di PT Pos Indonesia pada periode 1990-1992. Ia juga terlibat dalam program Uniform Accounting System pada PTP IX, XII, dan XIII.

Rosita Uli Sinaga, SE., Ak., MM., CPA., CA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA

Anggota
Merupakan Financial Services Industry Leader Indonesia-Deloitte SEA (KAP Imelda & Rekan) dengan pengalaman lebih dari 26 tahun di ranah konsultasi & KAP.

Sebagai anggota DPN IAI sejak tahun 2014, Beliau dipercara untuk mengetuai bidang pengembangan SAK dan Ketua Task Force Comprehensice Corporate Reporting IAI. Sebelumnya Rosita adalah Ketua DSAK IAI sejak tahun 2009-2015. Di bawah kepemimpinannya, DSAK IAI berkali-kali mencatatkan momentum bersejarah dengan adanya konvergensi IFRS ke dalam SAK.

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Penguji USAP (Ujian Sertifikasi Akuntan Publik) IAI, mewakili IAI sebagai anggota Komite Profesi Akuntan Publik (2013-2019), dan menjadi Technical Advisor International Federation of Accountants (IFAC) Board Member (2016-2017). Ia merupakan Ketua Dewan Pengarah Komite Kebijakan Akuntansi Keuangan Bank Indonesia (2010-2018).

Kelahiran 10 Oktober 1968 ini merupakan lulusan S1 Akuntansi Universitas Indonesia tahun 1992, dan menamatkan S2 dari Universitas Bina Nusantara tahun 2007. Selain mengajar di Universitas Indonesia, ia juga menulis buku “Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS” yang diterbitkan IAI.

Prof. Sidharta Utama, Ph.D., Ak., CA., CFA., FCMA., CGMA., ASEAN CPA

Anggota
Prof. Sidharta Utama adalah Anggota Dewan Pengurus Nasional IAI (2010-sekarang) yang merupakan pengajar dan Guru Besar FEB Universitas Indonesia (UI).

Aktif di IAI sebelumnya sebagai anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional IAI dan anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI tahun 2001-2008. Kiprah internasional di asosiasi profesi akuntansi adalah menjabat sebagai anggota International Accounting Education Standards Board (IAESB) IFAC (2015-2019). Mewakili IAI sebagai council member ASEAN Federation of Accountants (2010-sekarang), dan Anggota Accountancy Monitoring Committee Indonesia (2016-2019).

Sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan (2020-2021), Wakil Rektor Universitas Indonesia bidang Keuangan dan Administrasi Umum periode 2018-2019, Sekretaris Majelis Wali Amanat UI, pimpinan Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Magister Akuntansi dan Kepala Departemen Akuntansi dan Wakil Dekan Bidang Akademik FEB UI.

Lahir di Jakarta, 5 Juli 1965. Memperoleh gelar Sarjana (S1) Ekonomi dari FEB UI pada tahun 1987 dan gelar Master (S2) University of Indiana USA tahun 1990, serta gelar Doctor (S3) Ilmu Akuntansi di Texas A & M University tahun 1996.

Selain itu ia juga aktif sebagai Anggota Komite Penyusun Kebijakan Akuntansi Keuangan Bank Indonesia, dan menjadi Komisaris Independen dan Komite Audit di beberapa perusahaan seperti Anggota Komite Audit PT Holcim Tbk, Komisaris Independen PT Astra Agro Lestari Tbk, Anggota Komite Audit PT Indo Tambang Raya Megah Tbk, Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.

Prof. Dr. Sri Mulyani, SE., M.Si., Ak., CA., ASEAN CPA

Anggota
Sri Mulyani adalah dosen tetap Universitas Padjadjaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di Bidang Sistem Informasi dan Good Governance untuk Sharia, Privat dan Publik.

Menyelesaikan pendidikan (S1, S2 dan S3) di Universitas Padjadjaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi. Beliau juga mendapatkan jabatan fungsional Guru Besar di bidang akuntansi pada tahun 2011.

Selain sebagai staf pengajar, Beliau juga aktif menulis dan memberikan konsultasi di bidang analisis dan desain sistem informasi terapan dan good governance untuk Rumah Sakit, Keuangan Daerah, Legislatif, Manajemen Aset, Pendidikan, Kepegawaian, Perpustakaan Digital, Arsip Digital, Keuangan Sharia dan lain-lain.

Karya-karyanya telah dipublikasikan di Google Books Online, Jurnal dan Prosiding Internasional dan juga telah dicatat dalam Hak Kekayaan Intelektual serta mendapatkan Pengakuan Indeks dari Scopus, Google Scholar, Mendeley dan Sinta Ristek Dikti.

Dra. Tia Adityasih, SH., M.Ak., CPA., CA., ASEAN CPA

Anggota
Tia Adityasih adalah Anggota Dewan Pengurus Nasional (DPN) IAI periode 2018-2022 dan 2014-2018, sekaligus sebagai Ketua Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan (KAKJA) IAI periode tahun 2017-2023. Sebelumnya di IAI Beliau menjabat sebagai Ketua IAI Kompartemen Akuntan Publik (KAP) tahun 2003-2007. Beliau juga menjabat sebagai Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) sampai sekarang.

Beliau saat ini merupakan Executive Director Ernst & Young Indonesia (KAP Purwantono, Sungkoro & Surja), dimana sebelumnya menjabat sebagai Partner, dengan pengalaman lebih dari 38 tahun di Kantor Akuntan Publik. Beliau juga pernah menjadi pengajar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia.

Pada 1990 Tia mendirikan sendiri kantor akuntan public Bernama Kantor Akuntan Publik Tia Adityasih & Rekan sebelum bergabung dengan EY Indonesia pada tahun 2012. Ia juga pernah menjadi tenaga ahli di BPK RI Bidang Pengembangan Profesi Akuntan dan Peningkatan Kualitas Pemeriksaan.

Tia Adityasih lahir di Jakarta pada tanggal 22 Desember 1954, beliau meraih gelar S1 dan S2 dibidang Akuntansi dari Universitas Indonesia. Selain itu Tia juga menamatkan S1 bidang hukum dari Universitas Kristen Indonesia.

Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak., CMA, CA., ASEAN CPA

Anggota
Dian merupakan anggota DPN IAI ex-officio Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) periode 2018-2022. Ia mengawali masa jabatannya pada tanggal 6 September 2018. Ia adalah Guru Besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) dan saat ini menjabat sebagai Dekan FEB Unair sejak tahun 2015.

Mengawali karirnya sebagai dosen di Universitas Airlangga pada tahun 2002. Aktif sebagai Asessor di Badan Akreditasi Nasional sejak tahun 2005 hingga saat ini, serta ikut tergabung dalam Tim Evaluator Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Usulan Pendirian Perguruan Tinggi sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Kelahiran Bangkalan, 20 Agustus 1961 ini merupakan lulusan dari jurusan Akuntansi Unair pada tahun 1987, dan melanjutkan S2 di Unair lulus tahun 1995, serta S3 tahun 2005. Di IAI sebelumnya adalah pengurus IAI Wilayah Jawa Timur yang membidangi Akuntan pendidik (2008-2018).

Prof. Dr. P. M. John Liberty Hutagaol, MAc., Mec(Hons)., Ak., CA., ASEAN CPA

Anggota
Prof. John Hutagaol adalah anggota DPN IAI ex-officio Ketua Kompartemen Akuntan Perpajakan (KAPj) IAI periode 2018-2022. Ia adalah Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur sejak 2021. Sebelumnya beliau adalah Direktur Perpajakan Internasional Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak 2016 dan Direktur Peraturan Perpajakan II DJP.

Sebelumnya di IAI Prof. John adalah Ketua KAPj IAI periode 2014-2016 dan 2016-2018, Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI ex-officio DJP (2014-2016), dan Anggota Dewan Penguji Ujian Sertifikasi Akuntan Publik IAI.

Lahir di Jakarta, 27 November 1965, ia mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Brawijaya Malang pada tahun 1988. Sedangkan gelar Master Ekonomi Akuntansi dan Master Economics by Research didapatkan dari Universitas Macquarie Sidney, Australia pada tahun 1994 dan 1995. John Hutagaol memperoleh gelar Doktor di Universitas Padjajaran Bandung tahun 2004, serta mendapatkan Gelar Profesor dalam bidang Perpajakan di ABFII Perbanas Jakarta pada tahun 2008.

Drs. M. Jusuf Wibisana, CA., M.Ec, CPA., ASEAN CPA

Anggota
Jusuf merupakan anggota DPN IAI ex-officio Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Syariah (IAI KASy) periode 2017-2021. Jusuf Wibisana adalah Partner PwC Indonesia (KAP Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan) dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang audit keuangan, perbankan, dan asuransi. Saat ini beliau juga merupakan Anggota Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan dan masih aktif menjadi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Brawijaya, Malang.

Aktif dalam membangun Standar Akuntansi Syariah di Indonesia, Jusuf Wibisana juga berkiprah di tingkat Internasional dengan menjadi Board Member of Accounting and Auditing Organisation for Islamic Financial Institution (AAOIFI) dan aktif mewakili Indonesia pada forum Islamic Finance Consultative Group (IFCG) yang didirikan oleh IFRS. Di IAI, beliau pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Standar Akuntansi Syariah (2009-2016), dan Ketua Dewan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia (2002-2009). Ia mewakili IAI sebagai anggota Komite Profesi Akuntan Publik (2013-2019).

Kelahiran Kediri, 25 Oktober 1959, Jusuf meraih gelar Doctorandus (SE) dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1978 dan 1983 dan mendapat gelar Master of Economics jurusan Akuntansi dari Macquarie University, Australia pada tahun 1990.

Dr. Hery Subowo SE., MPM., Ak., CA., CIA., CFE., ASEAN CPA

Anggota
Hery adalah Anggota DPN IAI ex-officio Ketua Kompartemen Akuntan Sektor Publik (KASP) IAI periode 2019-2023 dan merupakan Auditor Utama Investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sejak tahun 2020, dimana sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan BPK. Merintis karirnya di BPK hingga menduduki berbagai jabatan antara lain sebagai Kepala Perwakilan Provinsi Jawa Tengah (2015), Kepala Auditoriat (2014), Kepala Direktorat Penelitian dan Pengembangan Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan PKN (2010). Beliau juga merupakan Ketua Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Indonesia periode 2022-2024.

Lahir di Jakarta 7 Mei 1971. Hery menamatkan Pendidikan Diploma III di STAN pada tahun 1992, Meraih Sarjana Akuntansi dari Universitas Indonesia pada tahun 1996 dan gelar Master Manajemen dari University Carneige Mellon Pennsylvania Amerika Serikat tahun 2001.

Sebelum terpilih menjadi Ketua KASP IAI, Hery merupakan Ketua IAI Wilayah Jawa Tengah periode Juli 2018 sampai dengan Juni 2019 dan Pengurus KASP IAI periode 2013-2014.